Seni Liburan Murah di TMII, Ada Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal yang Penuh Edukasi.

Jalan-jalan ke TMII katanya habiskan budget liburan, gaess. Karena apa? Karena tiket naik kereta gantung yang meroket ke cakrawala mayapada nusantarah hahah Berhubung saya belum ngecek langsung, jadi kita abaikan harga tiket kereta gantung. Konon katanya di Februari 2020 ini sudah mencapai 50.000 per orang (Nggak jadi mengabaikan harga tiket) Pokoknya emak hemat mau cari liburan murah.

Hal lain yang membuat jalan-jalan ke TMII digibahin emak-emak gang sebelah adalah setiap masuk tempat baru, beli tiket lagi. Harga nggak masalah, yang penting murah. Wkwk

Setelah mendapat hidayah yang hadir lewat ajakan seorang ibu dari temannya Najma, saya pun mampir ke Bayt Al-Qur’an. Area lobi cukup luas, lho. Mereka bisa puas lari dari ujung ke ujung. Itu pun kalau kuat dilirik sama penjaganya.

Gambar pribadi

Harga tiket masuk ke sini cuma lima ribu lho, gaess. Saya sempat takjub dengan harganya karena area Bayt Al-Qur’an benar-benar bersih. Tiket ini juga digunakan untuk masuk ke Museum Istiqlal. Cocok banget tempatnya buat edukasi ke anak-anak SD-SMP

Tiket Masuk Bayt Al-Qur’an

Pertama masuk, saya disuguhkan pemandangan banyak koleksi Al-Qur’an dari yang besar hingga kecil banget; sebesar jari kelingking. Rasa penasaran seketika membuat saya ingin menelusuri lebih dalam Bayt Al-Qur’an ini.

Ternyata asal mushaf-mushaf Al-Qur’an tersebut pun berbeda-beda. Berhubung otak saya lagi nggak mau belajar, saya baca sekilas-kilas saja. Judulnya liburan murah tanpa pusing. Haha

Saya terkesima pada Al-Qur’an besar yang pada keterangan dijelaskan bahwa ditulis oleh Soekarno-Hatta. Huruf ba pada lafadz basmallah ditulis oleh Soekarno dan huruf sin pada akhir surat An-Nas ditulis oleh Bung Hatta. Ini keren dan sweet banget menurut saya.

Sebelum pintu keluar, ada Kids Corner. Apa isinya? Ada ayunan untuk bermain anak dan banyak buku bagus yang bikin mereka bakal betah di dalam. Di sini juga bisa main puzzle yang telah disediakan. Suka banget bagian Bayt Al-Qur’an yang ini. Love.

Bermain Puzzle di Kids Corner

Keluar dari Bayt Al-Qur’an, kita akan menemukan Museum Istiqlal. Di dalamnya dipajang berbagai kaligrafi indah dan berwarna-warni yang membuat anak-anak akan sibuk berwow ria.

Kaligrafi Museum Istiqlal

Duh, ini baru namanya seni liburan murah banget. Dengan harga lima ribu rupiah bisa dapat banyak ilmu. Saya rasa lebih bermanfaat ketimbang naik kereta gantung. Wkwk Namun, ingat juga, masuk TMII bayar juga. Saya nggak mau didemo ibu-ibu karena jalan-jalan cuma lima ribu itu hoax. Wkwk

Sekian pengalaman berkunjung di Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal. Semoga memberi inspirasi untuk segera meluncur ke sana.