7 Sebab Anak Menjadi Generasi Home Services

Ada yang sudah mendengar istilah Generasi Home Services? Generasi Home Services adalah anak-anak yang minta dilayani. Awalnya sih dilayani karena masih kecil, tapi berlanjut sampai mereka dewasa. Kebayang nggak sih, sudah SMA masih suka nyuruh-nyuruh orang tua? Generasi HS ini adalah generasi lemah yang bergantung kepada orang lain.

Berikut ini 7 sebab anak menjadi Generasi Home Services:

1. Anak terlalu sering dibantu tanpa harus berusaha mengatasi sendiri kesulitannya.

Jadi, selama anak masih bisa melakukan sendiri. Orang tua sebaiknya hanya memantau saja.

2. Anak terlalu lama menggunakan popok dan terlalu sering disuapi makan

Di sekolah Najma, ada anak yang sudah TK, tapi belum bisa lepas popok. Ini karena kelalaian orang tua. Selama ini anak bersama pengasuh. Lalu orang tua sibuk bekerja.

Umur 2-3 tahun, anak harus bisa beraktifitas tanpa popok. Anak yang masih menggunakan popok biasanya mempunyai kesulitan belajar. Dia tidak bisa bisa mengontrol dirinya sendiri.

Nah, juga banyak, nih, bunda yang nggak mau anaknya sakit karena nggak mau makan. Anak harus tahu bahwa makan adalah kebutuhan dirinya sendiri. Anak harus tahu bila tidak makan maka akan membuat dirinya sakit. Biarkan ananda makan sendiri. Jangan khawatir berantakan, bunda. Kan bisa dirapikan.

3. Sejak kecil selalu dilayani.

Terkadang bunda sudah biasa ambilkan minum ananda, sudah biasa memakaikan baju, dan banyak hal. Anak tinggal terima aja apa adanya.

4. Kemana-mana selalu diikuti Baby Sister

Baby Sister ini niatnya memudahkan aktivitas bunda tentunya. Namun, baby sister juga melayani ananda bahkan ke hal yang bisa dilakukan sendiri. Tanpa terasa, ananda akan tumbuh menjadi Generasi Home Services

5. Terbiasa dicarikan

Biasa kita temui, anak tinggal duduk manis.

“Bunda, sepatu kakak mana?”

“Mainan adik mana?”

“Buku tulis aku cariin dong, Bund!”

Gubrak! Akhirnya anak jadi nyuruh-nyuruh, ‘kan?

6. Terlalu sering main gadget

Semua yang ada di dalam gadget itu instan. Mudah. Jika anak sering main gadget, otaknya akan terpola mudah dalam mendapatkan apa pun.

7. Keinginannya selalu dipenuhi

Orang tua bahkan membelikan mainan yang tidak dibutuhkan anak. Apa pun yang anak minta selalu dibelikan. Duh, ini adalah langkah menjadikan anak sebagai Generasi Home Services

Itu dia tadi 7 sebab anak menjadi Generasi Home Services. Hal ini bisa berlanjut sampai anak dewasa. Bila sudah merasakan kerasnya watak anak dan suka minta dilayani setelah dewasa, barulah orang tua sadar dan menyesal. Sebelum terlambat, mari kita hindari pembentukan karakter Generasi Home Services. Semoga anak-anak kita tumbuh dengan baik, menjadi anak sholih-sholihah.