3 Alasan Pentingnya Komunikasi Orang Tua terhadap Anak

Ada yang sudah paham arti komunikasi? Tentu saja kata yang satu ini tidak asing di telinga kita. Komunikasi adalah hal yang lumrah dalam berinteraksi.

Ada sebuah survei yang mengatakan bahwa hanya 30% orang tua yang memiliki kesadaran dan kemampuan dalam berkomunikasi terhadap anaknya.

Pernah gak sih Ayah Bunda kesulitan dalam menyampaikan pesan terhadap Ananda? Pasti semua orang tua pernah merasakannya. Berikut ini Buku Najma rangkum 3 alasan pentingnya komunikasi orang tua terhadap anak:

Kenapa sih komunikasi terhadap anak itu penting?

1. Komunikasi merupakan kunci sukses interaksi dua arah antara orang tua terhadap anak.

Komunikasi bisa mengikat perasaan anak atau emotional bonding. Dengan adanya interaksi dua arah antara orang tua dan anak diharapkan anak mempunyai keterikatan perasaan. Pernah mendengar kisah almarhum Bapak Habibie? Di masa tuanya beliau merasa kesepian. Untuk itu, kita sebagai orang tua sadar dan juga bertanya-tanya,”apakah kita juga akan merasa kesepian di masa tua nanti? ” Namun,apabila anak-anak mempunyai keterikatan emosional terhadap orang tua, hal tersebut tidak akan pernah terjadi. Dimanapun anak berada akan mengingat orang tuanya.

2. Komunikasi penting untuk menghindari konflik.

Konflik terjadi karena kurang komunikasi. Tanpa hal tersebut, tentu saja akan ada kesalahpahaman antara orang tua dan anak. Perlu dibicarakan apa yang diinginkan anak dan bagaimana yang orang tua harapkan terhadap anak-anaknya.

3. Komunikasi penting untuk memberikan pengaruh

Setiap anak lahir dalam keadaan fitrah. Orang tua merekalah yang memberikan perlakuan terhadap anak tersebut apakah menjadi baik atau tidak.

Sebagai contoh kita bisa menemukan komunikasi yang kurang baik dalam sebuah keluarga. Anak-anak dibiarkan makan sambil menonton gadget, dalam keadaan ini pesan yang disampaikan tidak tuntas. Anak-anak akan makan dalam waktu yang lebih lama, sehingga kurang bisa menikmati waktu makannya.

Itulah tadi 3 alasan pentingnya komunikasi orang tua terhadap anak. Semoga bisa bermanfaat bagi Ayah Bunda sekalian.

Baca juga: 7 Sebab Anak Menjadi Generasi Home Services https://bukunajma.my.id/7-sebab-anak-menjadi-generasi-home-services/

Semangat mendidik dan salam sayang parenting dari Buku Najma.

Incoming search terms:

  • bukunajma co

Tinggalkan Balasan